Salah satu sudut benteng Alhambra di penghujung musim panas

           

Yang penggemar drama korea mana suaranya???

Yap… bagi kamu yang suka drama korea dan selalu update sama drama-drama korea yang berseliweran di muka bumi ini, pasti at least pernah dengar drama barunya Hyun Bin dan Park Shin Hye yang berjudul “Memories of Alhambra”…Eits.. tapi kali ini kita g akan ngebahas dramanya ya.. tapi akan membahas lokasi syutingnya, yakni…..ALHAMBRA…(yang dalam bahasa inggris disebut “The red one”
Alhamdulillah, tahun lalu gue berkesempatan buat mengunjungi one of the World Heritage UNESCO ini. Hingga summer 2017, Alhambra yang berlokasi di kota Granada, Spanyol bukanlah highlight orang-orang non-eropa yang berkunjung ke eropa. Jadi ga heran, turis yang datang ke kota ini di dominasi oleh turis eropa maupun turis lokal spanyol sendiri. 
Pertanyaannya, apakah alhambra dan kota granadanya ini seindah penampakan di drama korea hyun bin yg nge-shoot pake kamera cantik itu? ataukan kota ini cantik hanya karena efek kamera?? jawaban saya,,,,,, YESSS!!!.. kota ini emang CIAMIXX! 
Banyak orang yang ga bisa membedakan antara Alhambra, Granada, atau bahkan Andalusia. Jadi Alhambra itu adalah kompleks istana dan benteng peninggalan Kerajaan Islam Granada (suku moor) yang terletak di salah satu bukit di kota Granada. Jaraknya sekitar 2km mendaki bukit dari pusat kota Granada (area Alhambra dan sekitarnya disebut “Kota Lama”). Sementara Granada itu adalah nama kota yang sampe sekarang masih eksis. Nah, kalo Andalusia sendiri adalah nama lama yang digunakan untuk menunjukkan wilayah kekuasaan kerajaan Andalusia yang meliputi Granada, Cordoba, dan Sevilla (sering diserbut Triangle Andalus). 
Sebelum saya mereview Alhambra based on my personal experience, ada baiknya kita kenalan dulu sama Alhambra ya… biar ga bego-bego amat ama sejarah.  

Sejarah Singkat Alhambra 

   

“Court of Lion” yang terletak di dalam istana Nasrid, kompleks Alhambra

     

Kalau kamu mau tau sejarah detail alhambra, silahkan googling sendiri ya. Secara singkat kompleks alhambra ini awalnya hanyalah sebuah benteng kecil yang dibangun oleh bangsa romawi. Lalu diperluas pada abad ke 13 oleh Sultan Nasrid Emir Mohammed ben Al-Ahmar (lelah ya kalo mau manggil nama om ini) dari kerajaan Granada. Namun, baru pada abad ke 13 lah kompleks ini diubah menjadi istana oleh Sultan Yusuf ke I. 

Kalo kamu belajar sejarah Islam, pasca Rasulullah SAW wafat, terbentuklah kekhalifahan Bani Umayyah yang wilayah kekuasaannya mencapai spanyol dan berpusat di Cordoba. Nah, salah satu pecahannya adalah kerajaan Granada ini. Kesultanan Granada merupakan kesultanan terakhir yang  eksis di semenanjung iberia andalusia. 
Tahun 1492 Kesultaan ini diambil alih oleh Kerajaan Spanyol (Raja Ferdinand dan Ratu Isabel) yang mengubah Alhambra menjadi istana kerajaan. Makanya disini kamu bisa melihat arsitektur bergaya campuran: Islam, Suku Moor, dan Renaissance style (bangunan bergaya eropa).
Waktu Berkunjung
Berkunjung di penghujung musim panas masih terasa HOOOOTTT banget, tapi pencahayaan ok banget buat foto

Alhambra dapat dikunjungi sepanjang tahun. Tetapi karena daerah ini juga mengalami 4 musim, jam bukanya akan berbeda di musim yang berbeda.

Pada musim semi, panas, dan gugur yakni tanggal 1 April – 14 Oktober Alhambra buka : 
  • Wisata siang (Day visit) buka setiap hari dari jam 08:00- 20:00
  • Wisata malam (Night visit) HANYA buka hari SELASA dan SABTU jam 22:00-23:30
  • Bedanya apa antara Day visit ama night visit? 1) lokasi yang dikunjungi, untuk night visit hanya beberapa lokasi yang dibuka dan bisa dikunjungi. 2) Nuansanya pasti beda. Kalo malam hari terasa lebih romantis-mencekam gituuuuu..   

Pada musim Dingin yakni 15 Oktober – 31 Maret waktu berkunjung Alhambra menjadi : 
  • Wisata siang (Day visit) buka setiap hari dari jam 08:30- 18:00
  • Wisata malam (Night visit) HANYA buka hari JUMAT dan SABTU jam 20:00-21:30
Tiket Masuk
Budayakan mengantri!! antrian menuju Nasrid Palace sekitar 30-40 menit.

Jadi turis jangan pelit-pelit amat lah ya. Uang tiket yang kita bayarkan akan membantu menjaga kelestarian objek wisata. Tapi ya gitu saya juga suka misah mesuh kalo harga tiket suatu objek wisata KEBANGETAN MUAHALNYA (contohnya Sky box nya KL Tower yang harganya mirip ama tiket ke disneyland)
Nah Alhambra ini cucok lah,,, harga tiketnya tergolong murah untuk ukuran objek wisata di eropa, kece pula!. Cukup dengan 14e (sekitar IDR 210K) saja kamu sudah bisa muterin 80% objek wisata di kompleks alhambra ini.Tiket jenis ini disebut ALHAMBRA GENERAL.
Harga tiket segitu sudah termasuk tiket masuk ke “Nasrid Palace”. Nah, karena istana ini adalah area konservasi, jadi jumlah kunjungan per hari sangat dibatasi. Jadi kamu hanya bisa mengunjungi Nasrid Palace sesuai jam yang tertera di tiket kamu. PASTIKAN KAMU SUDAH MENGANTRI 30 MENIT SEBELUM JAM MASUK NASRID PALACE. Kalo telat udah pasti bye-bye tiket.
Tiket sudah bisa kamu beli sejak 10 bulan sebelumnya maksimal 2 jam sebelum masuk area. Saya sarankan untuk membeli tiket online atau via telpon ke 858 953 616 (nomor spanyol) karena jika membeli on the spot besar kemungkinan ga kebagian tiket. Tiket bisa dibeli online  di : 

Pada saat kamu membeli online, langsung pilih tanggal kunjungan dan waku masuk nasrid palace. Saya membeli tiket 2 bulan sebelum berangkat dan itupun sudah banyak yang penuh jadwalnya. Repotnya adalah harus mengganti beberapa jadwal tur ke lokasi lain. Jadi kali kamu mau kesini belilah dulu tiket baru atur jadwal yang lain. 
Tiket yang sudah dibeli online tadi bisa dicetak di: 
  • Mesin cetak tiket di mesin tiket di Acess Pavilion Alhambra 
  • Mesin cetak yang ada di the Tienda de la Alhambra Shop di Granada shop cit center (Calle Reyes Catolicos n 40)
  • Ticket office yang ada di pintu masuk Alhambra dengan melampirkan struk bayar dan identitas. Bawalah kartu kredit yang kamu gunakan untuk membeli tiket. Cara ini mudah tapi kamu bakal kehabisan waktu ngantri. 
  • Atau cetak di mesin ATM CAIXA BANK (warnanya kuning gojreng) dengan menggunakan kartu kredit yang sama dengan yang digunakan untuk membeli tiket online. Cara cetaknya:
  1. Masukkan kartu credit yang digunakan untuk membeli tiket online
  2. Masukkan pin kartu kredit (jika ada), kalo ga ada masukkan “1111” sebagai pengganti pin. 
  3. Pilih “english” untuk bahasa instruksi. Kalo kamu ngerti spanyol bolehlah pilih spanyol. 
  4. Pilih “other transaction)
  5. Pilih “Alhambra” dan akan muncul dua buah pilihan dalam bahasa spanyol (kanan dan kiri). Pilihlah yang sebelah kanan (yang kiri tulisannya “Alhambra”untuk membeli tiket)
  6. Voila tiket ter print dengan sempurna! 

TIPS 
Pengalaman saya, karena terlalu banyak pilihan tiket di website, banyak yang akhirnya membeli tiket yang biasa seharga 8e. Tiket ini tidak termasuk tiket masuk ke Nasrid Palace…. dan menurut saya ini sayang banget. Ada lagi yang ga ngeh dengan aturan masuk Nasrid Palace yang sangat terbatas, sampe akhirnya kelewat jam masuk, atau bahkan ga kebagian tiket nasrid karena sudah full booked semua. So, please biar kamu ga sia-sia kesini booking lah se awal mungkin.   
Oya anak-anak dibawah 12 tahun gratis. Tapi tetap harus punya tiket. Jadi pas kamu beli tiket, juga booked buat anak-anak ya!

Spot-spot kece di Alhambra 

Gate of Justice atau Gate of Esplanade
Gerbang paling terkenal diantara 4 gerbang alhambra lainnya

Alhambra ini penuh dengan taman bunga yang indah

The Alcazaba
Tempatnya para tentara kerajaan kongkow

Palace of Charles V
Istananya si raja roma

Taman-taman

Saya ga inget ini apa namanya, pokoknya bagus aja difoto .. hohoho…

Pemandangan kota Granada dari Alhambra 

The Court of the Lion
Mbak nya lagi sibuk motret

The Court of Myrtles

Salah satu bangunan tua di dalam kompleks Alhambra yg ogut ga tau namanya

Salah satu pintu di dalam Istana Nasrid yang handcraft banget…
Inilah salah satu daya tarik Alhambra yang ga bisa kamu temukan di eropa bagian lain…..arsitekturnya yg super unik dan ciamik
The Hall of The Abencerrages
Sumpah ini keren parah… ini langit-langit bangunan dengan bentuk 8 arah bintang,,, semuanya di ukur di marmer

Hal yang paling saya suka dari Alhambra adalah arsitekturnya yang unikk banget.. disini bisa dilihat banyak arsitek bernuansa islam bercampur dengan gaya warna-warni nya Espanyola

Cara ke Alhambra

  • Untuk bisa mencapai Alhambra, kamu harus datang ke kota Granada dulu. Jika kamu datang dari area Eropa, carilah pesawat dengan tujuan Malaga Airport yang terletak di kota Malaga. Ini adalah bandara yang paling dekat dengan Alhambra. Kemudian dilanjutkan dengan bus ALSA dengan harga tiket sekitar 6e dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. 
  • Kalo kamu kebetulan berada di kota-kota besar di Spanyol semisal Barcelona atau Madrid, kamu juga bisa ke Granada via kereta atau bus (tapi klo bus bisa semalaman). Paling memungkinkan ya dari Madrid, soalnya klo dari Barcelona kejauhan. 
  • Kalo kamu mau berangkat dari Indonesia, paling enak cari tiket pesawat ke madrid (sekalian bisa berkunjung ke Spain Palace) baru ke Granada via darat atau udara. 

Sesampainya di kota granada, kamu bisa jalan kaki ke kompleks Alhambra yang jaraknya sekitar 2-3 km dengan kemiringan 6-20 derajat (ngos-ngosan lah pasti). Kalo ga mau repot, beli aja tiket kereta mini seharga 9e untuk seharian keliling kota lama Granada. Tiket bisa dibeli di dekat Plaza Nueva.

My Opinion about Alhambra

Sebenarnya saya berkunjung ke sini karena diajakin temen. Dia abis nonton film Assasin Creed yang syutingnya di Granada dan Sevilla. Ternyata eh ternyata, tempat ini amazing. Untuk keindahan lokasi saya kasi nilai 9. Kenapa? karena

  1. Ga terlalu touristy. Walopun alhambra objek wisata terkenal, tapi jumlah turisnya masih sangat terkendali, jadi kamu masih sangat nyaman banget jalan-jalan disini
  2. Biaya akomodasi dan makanan yang murah. Spanyol termasuk negara yang harga barang-barangnya murah. Apakah opini ini muncul karena saya tinggal di Belanda yang super mahal??? who know…
  3. Arsitekturnya yang sangat unik. Kalo kamu udah tinggal cukup lama di eropa, pasti udah mulai bosen sama gaya arsitektur Renaissance yang mendominasi. Disini kamu akan disuguhi campuran arsitektur suku Moor, renaissance nya spanyol, dan Islam.
  4. Orang yang ramah-ramah. Disini warganya cukup familiar sama muslim, dan banyak juga muslim dari area Afrika utara. 
  5. Kerajinan dan souvenirnya oke punya. Kalo kamu jalan-jalan ke area Barcelona, pasti sering banget liat bangunan yang ditempelin keramik warna-warni karyanya Gaudi. Nah di Alhambra pernak-perniknya itu juga semodel itu tapi lebih unik2… lucu-lucu dah. Terus banyak yg jual teh-teh eksotis dan minyak-minyakan yang oke punya… Sukaaaa deh pokoknya. 
  6. Area kota tua yang cantik, mungil dan asik buat jalan jalan. Kalo kamu sukanya jalan-jalan santai sambil lihat yang indah-indah, kota lama alhambra lah tempatnya
  7. Akses menuju Granada dan Alhambra yang mudah. Saya sudah beberapa kali ingin mengunjungi suatu objek wisata kece namun karena kurang terkenal, aksesnya kurang ok. Nah Alhambra ini cukup mudah untuk dicapai, dari manapun kamu datang.

Apakah saya akan merekomendasikan tempat ini ke orang-orang? definitely yessss!

Selamat jalan-jalan