Presensi Online
Info KegiatanProdi Bidan

Merangkul Daerah Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Tengguli Kecamatan Sajad Kabupaten Sambas

Dalam mewujudkan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, Politeknik ‘Aisyiyah Pontianak (POLITA) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Tengguli, Kecamatan Sajad, Kabupaten Sambas pada 16-17 September 2019 yang lalu. Kegiatan pengabdian ini merupakan bentuk sumbangsih POLITA sebagai perguruan tinggi untuk dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat yang sesuai dengan bidang keilmuannya masing-masing. Program pengabdian ini juga dilakukan dalam rangka memperingati Ulang Tahun Muhammadiyah yang ke 110 sekaligus mensyiarkan organisasi Muhammdiyah dan ‘Aisyiyah kepada masyarakat.

Pada kegiatan pengabdian ini, dosen dari program studi kebidanan bersama-sama mahasiswa program studi kebidanan memberikan berbagai layanan kesehatan kepada masyarakat Desa Tengguli seperti melakukan senam lansia dan pendampingan menu lansia demi meningkatkan kualitas hidup lansia, senam hamil, USG kehamilan dan pendampingan gizi ibu hamil, pelatiahan diagnosis awal kanker payudara (sadarnis) dan kanker mulut rahim / serviks, serta pelatihan pijit bayi, pengukuran tumbuh kembang balita, dan pendampingan mempersiapkan menu seimbang bagi balita. Selain itu, pada kegiatan imunisasi gratis tim pengabdian POLITA juga bekerja sama dengan Puskesmas Sajad.

Kepala Desa Tengguli, M. Arhami, SP. Menuturkan bahwa warga desa Tengguli sangat menyambut baik kegiatan pengabdian ini, yang tampak pada membludaknya peserta kegiatan yang mencapai ratusan untuk rata-rata setiap kegiatan. Pada saat bersamaan Camat Kecamatan Sajad juga menuturkan bahwa beliau sangat mengapresiasi POLITA yang mau merangkul masyarakat Kabupaten dalam kegiatan pengabdian ini. Selain itu, beliau berharap pula kegiatan serupa dapat dilakukan di Desa-desa lain di wilayah Kecamatan Sajad.

Direktur Politeknik ‘Aisyiyah Pontianak, Tilawaty Aprina, S.S.T., M.Kes., mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan perangkat Desa Tengguli yang telah membantu dan mendukung kegiatan ini. Direktur menyampaikan pula bahwa Kabupaten Sambas dipilih sebagai bentuk apresiasi POLITA dengan warga sambas yang banyak mengenyam pendidikan di POLITA. Harapannya kegiatan ini dapat memberikan manfaat secara langsung kepada masyarakat, khususnya masyarakat Desa Tengguli, Kecamatan Sajad Kabupaten Sambas.

Tinggalkan Balasan

3 × 1 =