Presensi Online
Prodi Bidan

TIPS MENGATASI MUAL MUNTAH PADA KEHAMILAN

Penulis: Eka Riana, SST., M.Keb

Mual dan muntah merupakan gejala yang sering muncul pada kehamilan terutama sering dialami oleh ibu hamil di awal-awal kehamilan dan mencapai puncaknya pada usia kehamilan 8 hingga 12 minggu. Hal ini terjadi akibat perubahan hormonal yang terjadi pada saat kehamilan. Kehamilan mempengaruhi tubuh si ibu baik fisik maupun psikologis. Bagaimankah cara mengatasi mual dan muntah yang terjadi, berikut tips yang bisa dilakukan oleh ibu hamil dirumah:

  1. Istirahat yang cukup minimal 6-8 jam pada malam hari dan 1 jam pada siang hari.
  2. Pilihlah makanan yang tidak berlemak tetapi yang menyegarkan contohnya buah-buahan segar, roti, biskuit dan ubi.
  3. Hasil penelitian menyebutkan jahe bermanfaat sebagai terapi mual muntah pada kehamilan dan tidak memiliki efek samping terahadap tumbuh kembang janin. Minum air jahe selain mengurangi mual muntah pada kehamilan juga menghangatkan badan dan harganya juga relatif murah karena bisa dibuat sendiri dirumah.
  4. Hindari stress karena dapat memicu mual muntah, Kehamilan merupakan anugrah yang diberikan Allah SWT, hal utama yang harus dilakukan oleh seorang wanita ketika ia mengetahui ia sedang hamil adalah bergembira atas kehamilannya. Sebagaimana Firman Allah, Swt dalam QS. Ash-Shaaffaat (37) yang artinya maka, kami beri dia kabar gembira dengan seorang anak yang amat sabar.
  5. Makanlah sedikit tapi sering karena jarak makan yang terlalu lama akan meningkatkan rasa mual muntah
  6. Konsumsi vitamin untuk ibu hamil sebelum tidur
  7. Segera ke fasilitas kesehatan jika mual muntah berlebihan dan menyebabkan kondisi fisik ibu lemah untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

seventeen − 17 =