Presensi Online
Prodi TI

Hadapi Kondisi Darurat Corona, Polita Hadirkan Sistem Ujian Online untuk UTS Mendatang

Assalamu’alaikum Wr. Wb – Masih dalam kondisi darurat pandemic Corona, Politeknik ‘Aisyiyah Pontianak menghadirkan sistem ujian online berbasis komputer (CBT) untuk menggelar ujian tengah semester (UTS) pada tanggal 13 April 2020 hingga sepekan ke depan.

Seperti yang kita ketahui semenjak wabah Corona menyerang Kalimantan Barat, semua kampus menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar secara jarak jauh menggunakan aplikasi online. Hal tersebut dilakukan sesuai dengan arahan menteri di Kementerian Pendidikan Tinggi dan Kebudayaan. Sehingga agar penyelenggaraan ujian juga tidak terganggu, sistem ujian online menjadi solusi untuk mendisrupt masalah yang melanda semua kampus.

Sebenarnya sistem ujian online dapat dilakukan menggunakan aplikasi yang sudah tersedia seperti Google Form, Quiziz dan lain-lain. Namun, karena tidak semua mahasiswa Politeknik ‘Aisyiyah Pontianak berada di lokasi yang memiliki akses sinyal yang baik maka kampus berinisiatif untuk menghadirkann sistem ujian online sendiri yang bisa diakses di lokasi dengan sinyal yang lemah.

Aplikasi CBT ini diberi nama CBT Polita. Adapun kelebihan dari aplikasi ini salah satunya yaitu setiap mahasiswa yang telah menjawab soal maka sistem akan menyimpannya secara otomatis sehingga jika di tengah jalan mahasiswa kehilangan sinyal di lokasi, sistem sudah merekam jawaban dan saat sistem direload maka mahasiswa dapat melanjutkan mengerjakan di soal berikutnya.

Selain itu sistem ini juga diberikan batas waktu pengerjaan dan penilaian secara otomatis sehingga tetap memenuhi syarat ujian pada umumnya dan memudahkan dosen ketika memberikan penilaian.

Jika terdapat kendala, mahasiswa dapat menanyakan langsung dalam fitur chatting yang sudah disediakan dan operator ujian yang sedang bertugas dapat membantu mahasiswa menyelesaikan masalah saat ujian.

Tinggalkan Balasan

5 − 1 =