sejarah
RAHMAT HIDAYAT | 10 September 2021 | Dibaca 67 kali

POLITEKNIK AISYIYAH PONTIANAK

Politeknik ‘Aisyiyah  berawal dari perguruan tinggi swasta yang bernama Akademi Kebidanan ‘Aisyiyah Pontianak dengan satu program studi Diploma III kebidanan melalui keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 188/D/O/2006 pada tanggal 4 September 2006 tanggal ini juga dijadikan sebagai hari dies natalis dari Akademi Kebidanan ‘Aisyiyah. Akademi Kebidanan ‘Aisyiyah Pontianak bernaung di bawah Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah/ ‘Aisyiyah . Yayasan Aisyiyah sebagai salah satu organisasi ortonom bagi Wanita Muhammadiyah yang didirikan di Yogyakarta pada 27 Rajab 1335 H bertepatan dengan 19 Mei 1917 oleh Ny.Ahmad Dahlan. ‘Aisyiyah adalah sebuah gerakan perempuan Muhammadiyah yang lahir hampir bersamaan dengan lahirnya organisasi Islam terbesar di Indonesia ini.

Pada tahun 2019 melalui Keputusan Kemenristekdikti RI Nomor : 390/KPT/I/2019, Akademi Kebidanan ‘Aisyiyah berubah menjadi Politeknik ‘Asiyiyah Pontianak, dengan kerja keras dari civitas akademika serta bimbingan Majelis Dikti ‘Asiyiyah dan Pimpinanan Pusat ‘Asiyiyah Yogyakarta memperjuangkan berdirinya sebuah perguruan tinggi di Pontianak melalui Panitia Persiapan Pendirian Politeknik ‘Aisyiyah Pontianak.

Politeknik ‘Aisyiyah kemudian membuka dua prodi baru tambahan yaitu prodi teknologi informasi untuk jenjang diploma III dan prodi Teknologi laboratorim medis untuk jenjang Diploma IV. Perkembangan Polita sebagai perguruan tinggi swasta perlu mempertimbangkan berbagai modal dasar potensi yang telah dimiliki, baik sarana fisik maupun nonfisik. Modal dasar ini harus dijadikan titik berangkat pengembangan Polita masa depan dengan tetap mempertimbangkan kekuatan dan kondisi aktual lingkungan strategis yang ada.