Presensi Online

VISI

Menjadi Lembaga yang unggul dan terdepan di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat khususnya pada pengembangan dan pemanfaatan IPTEKs

MISI

  1. Mengembangkan riset dasar, terapan, dan unggulan yang unggul dan terdepan di bidang sains dan teknologi berbasis kearifan lokal.
  2. Meningkatkan dan mengembangkan produk-produk unggulan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Mengembangkan penelitian-penelitian unggulan dan meningkatkan kiprah Politeknik ‘Aisyiyah Pontianak dalam hal penelitian, Pengabddian dan publikasi bertaraf nasional dan internasional.
  4. Meningkatkan perolehan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) untuk hasil penelitian dan pengabdian masyarakat dalam rangka perlindungan Hak Kekayaan Intelektual
  5. Meningkatkan dan mewujudkan jalinan kerjasama dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat baik di lingkungan internal, regional, maupun internasional.

TUJUAN

Berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan, maka LPPM Politeknik ‘Aisyiyah Pontianak memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Meningkatkan jumlah penelitian dasar, terapan, dan unggulan yang dilakukan oleh civitas akademik Politeknik ‘Aisyiyah Pontianak 
  2. Meningkatkan kemampuan dan peran serta dosen dan mahasiswa dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui keikutsertaan dalam hibah penelitian dan pengabdian internal dan eksternal.
  3. Menyebarkan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat melalui berbagai media seperti publikasi, prosiding, poster dan buku kepada masyarakat akademis maupun umum.
  4. Mewujudkan dan menghasilkan berbagai jenis produk hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam berbagai bentuk seperti produk unggulan, prototype, teknologi tepat guna, dan policy brief yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat dan sesuai dengan caturdhrama perguruan tinggi.
  5. Penataan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang mengarah kepada peningkatan profesionalisme, efisiensi, dan kebutuhan Politeknik ‘Aisyiyah Pontianak.
  6. Peningkatan citra Politeknik ‘Aisyiyah Pontianak melalui luaran Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Roadmap Penelitian

Road map penelitian Politeknik ‘Aisyiyah Pontianak telah ditetapkan dengan penetapan capaian tujuan jangka panjang yaitu penelitian yang terdepan di bidang ilmu pengetahuan dan kesehatan serta teknologi berdasarkan nilai-nilai islam berkemajuan. Pada periode pertama, road map penelitian Politeknik ‘Aisyiyah Pontianak bertujuan untuk mencapai jumlah penelitian dan pengabdian yang mencapai target yang ditetapkan, yakni rasio 1:1 antara jumlah dosen dan jumlah penelitian dan pengabdian. Pada periode kedua, Politeknik ‘Aisyiyah Pontianak akan fokus pada upaya peningkatan luaran wajib penelitian dan pengabdian yakni publikasi. Selain itu, pada periode ini juga diupayakan untuk menciptakan HKI dari civitas Politeknik ‘Aisyiyah Pontianak. Pada periode ini pula, civitas Politeknik ‘Aisyiyah Pontianak akan distimulasi untuk mendapatkan dana hibah penelitian dan pengabdian dari luar perguruan tinggi. Pada periode ketiga, akan diupayakan peningkatan publikasi penelitian dan pengabdian masyarakat pada jurnal nasional dan internasional serta meningkatkan jumlah HKI perguruan tinggi. Pada periode keempat, Politeknik ‘Aisyiyah Pontianak akan berupaya untuk menjalin kerjasama penelitian dan pengabdian dengan berbagai stakeholde baik itu unidisiplin maupun multidisiplin. Kerjasama ini khususnya difokuskan pada kerjasama nasional dan internasional. Pada periode kelima, dilakukan upaya meningkatkan jumlah kerjasama penelitian dan pengabdian dengan luaran wajib berupa publikasi internasional.